Mengenang 62 Tahun Wafatnya H. Ilyas Yakub, Pahlawan Nasional dari Pesisir Selatan
Home » Mengenang 62 Tahun Wafatnya H. Ilyas Yakub, Pahlawan Nasional dari Pesisir Selatan
Tokoh

Mengenang 62 Tahun Wafatnya H. Ilyas Yakub, Pahlawan Nasional dari Pesisir Selatan

Tepat hari ini, 62 tahun yang lalu. Pesisir Selatan kehilangan salah satu putera terbaiknya.H. Ilyas Yakub wafat di Koto berapak, Kecamatan Bayang di usia 55 tahun.
Ilyas Yakub merupakan pahlawan nasional dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1999 oleh Pemerintah. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 074/TK/Th.1999 tanggal 13 Agustus 1999.
Ilyas Yakub dilahirkan di Asam Kumbang pada 14 Juni 1903. Anak dari pasangan Haji Ya’kub-.Siti Hajir. Anak ke-3 dari 4 bersaudara. Ia berasal dari keturunan seorang ulama. Kakeknya adalah seorang syekh yakni Syekh Abdul Rahman. Ia Pernah mendapatkan pendidikan Barat yakni Government Inlandsche School Asam Kumbang.
Sejak muda, ia telah aktif dalam kegiatan politik kemerdekaan Indonesia, ketika menempuh pendidikan di Mesir, hingga mencapai puncaknya sebagai salah seorang pemimpin PERMI (Persatuan Muslimin Indonesia) dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Tengah (DPRST).
Semasa hidupnya, aktivitas Ilyas Yakub telah dicatat oleh pemerintah Republik Indonesia dan telah mengisi lembaran sejarah Indonesia. Bahkan, pemerintah provinsi Sumatera Barat memberikan penghargaan pada Ilyas Yakub sebagai “Pejuang Umum”.
Rasanya mendiskusikan H. Ilyas Yakub pada masa sekarang sangatlah relevan. Betapa tidak. Setelah lebih dasawarsa bangsa dan negara kita mencoba bangkit dari keterpurukan moral bangsa, namun hingga kini belum juga menampakkan kecerahan. Secara terang benderang terlihat: sebagian elit politik kehilangan rasa keberpihakan kepada rakyat; sebagian pengusaha kehilangan rasa kebangsaannya; sebagian generasi muda kehilangan kesantunannya. Rasa kesetiakawanan sosial semua elemen masyarakat kita telah semakin memudar. Rasa-rasanya sangat sulit mendapatkan tokoh yang layak diteladani pasa masa era reformasi ini.

Related posts

Mengenal Sosok Zaini Zen, Putera Daerah Pertama yang Menjabat Bupati Pesisir Selatan

Afrizal

Jejak Perjalanan Hidup Ilyas Yakub, Pahlawan Nasional Kebanggaan Pesisir Selatan yang Ditakuti Belanda

bandamaster

Mengenal H. Jafri Syair, Tokoh Kebanggaan Masyarakat Sutera

Afrizal