Home » Masyarakat Diimbau Ramah Kepada Wisatawan di Kawasan Seribu Rumah Gadang
Berita

Masyarakat Diimbau Ramah Kepada Wisatawan di Kawasan Seribu Rumah Gadang

Muara Labuh, Bandasapuluah.com – Masyarakat Solok Selatan, khususnya yang berdiam di sekitaran Saribu Rumah Gadang (SRG) Muara Labuh diimbau untuk senantiasa ramah kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Penduduk yang ramah tersebut akan membuat orang yang berkunjung merasa nyaman dan akan datang kembali di lain waktu, bahkan mengajak yang lain untuk turut serta bersamanya.

Imbauan ini disampaikan Bupati Solok Selatan Khairunas dalam sambutannya pada acara serah terima pengelolaan revitalisasi saribu rumah gadang bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Sumbar Kusworo Darpito di Muara Labuh, Jum’at (4/6).

“Tentu kawasan ini kita jaga bersama. Kita harus ramah kepada pengunjung. Jika tidak ramah, tentu sekali saja orang mau datang kesini. Kemudian jangan pula dipalak pengunjung dengan parkir yang mahal,” ujar bupati dalam acara yang dimulai dengan makan bersama tersebut

Bupati yakin, bahwasannya wisata di SRG akan terus berkembang, termasuk penginapan home stay masyarakat. Untuk itu ia meminta semua unsur yang ada, baik pemerintah, ninik mamak, pemuda dan unsur masyarakat lainnya untuk tetap bersama-sama menjaga agar SRG menjadi kawasan yang nyaman untuk dikunjungi, termasuk masalah keamanannya.

“Baru-baru ini saya baru saja dapatkan laporan melalui sms, jika beberapa kabel listrik di kawasan SRG hilang. Ini tentu jangan sampai terulang kembali, dan menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaganya. Untung pihak rekanan masih bersedia mengganti kehilangan tersebut,” ujarnya.

Terkait pengelolaan kedepan pasca revitalisasi, bupati mengatakan akan membuat regulasi yang dibutuhkan. Dinas Pariwisata, Dinas PU, Camat, Nagari, masyarakat, dan pihak terkait lainnya diminta untuk duduk bersama membicarakan hal tersebut.

Inspektur Pemkab Solsel Akmal Hamdi menambahkan bahwa yang ditandatangani bupati bersama kepala balai hari ini adalah kesepakatan penyerahan pengelolaan, dan bukan serahterima aset. Untuk penyerahan aset kepada Pemkab, Akmal mengatakan masih menunggu proses selanjutnya oleh pihak-pihak terkait.

Related posts

FK Kerpabas Pessel dukung Pasangan BAIYO untuk Pessel Madani

Afrizal

Ternyata Ini Alasan RA-RUDI Maju di Pilkada Pessel

Afrizal

Seorang Remaja Hanyut Terseret Arus Sungai di Pessel

Afrizal