Home » Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Mentawai, Terasa Hingga Payakumbuh
Berita

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Mentawai, Terasa Hingga Payakumbuh

Gempa mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dengan kekuatan magnitudo 5,8 pada Rabu (5/5/2021) sekira pukul 8.24 WIB.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan titik gempa pada koordinator 2.04 LS – 99.62 BT dengan kedalaman 29 kilometer.

Pusat gempa berada di 3 kilometer tenggara Tua Pejat, Kepulauan Mentawai . Getaran gempa dirasakan dengan skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Mentawai, III-IV Painan, III Padang, III Pariaman, II Bukittinggi, II Padangpanjang dan II Payakumbuh. Adapun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut BMKG skala mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Sementara itu, hingga pukul 9.00 WIB belum diketahui ada tidaknya dampak akibat gempa tersebut.

Related posts

KPU Pessel Gelar Rapat Pleno Hasil Pilkada 2020

Afrizal

UN 2020 Dihapuskan, Mendikbud Tegaskan UTBK Harus Tetap Dilaksanakan

Afrizal

Kecamatan Linggo Sari Baganti

bandamaster