Home » Letkol Ardijon Kembali Pimpin IKWAL Jakarta
Berita

Letkol Ardijon Kembali Pimpin IKWAL Jakarta

Jakarta, bandasapuluah.com — Letkol CKM Ardijon, SH.MSi kembali menduduki posisi sebagai ketua umum Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang (IKWAL) Jakarta dan Sekitarnya untuk masa bhakti 2020-2025. Pada periode sebelumnya, Ardijon juga menduduki jabatan tersebut. Dimana ia melanjutkan jabatan ketua umum periode 2018-2020, yang dikukuhkan di Balai Prajurit Marinir Cilangkap Jakarta saat acara Halal Bi Halal 1439 H tanggal 22 Jui 2018.

Ardijon menjelaskan pengurus IKWAL Jakarta masa bakti 2020-2025 memiliki tanggung jawab besar, karena tantangan yang dihadapi perantau Lengayang semakin berat seiring mewabahnya Corona yang belum bisa reda sepenuhnya.

Kedepanya, IKWAL Jakarta berkomitmen mewujudkan kehidupan masyarakat perantau yang bersatu sejahtera bermartabat serta menjembatani antara perantau dengan kampung halaman.

“Kepengurusan yang baru ini harus semakin solid dalam memperjuangkan kepentingan anggota dan kemajuan rasa dan semangat persatuan, kesatuan persaudaraan dan rasa kekeluargaan sesama warga Ikwal Jakarta dan sekitarnya, serta membina jiwa saling tolong-menolong dan gotong-royong, membina potensi kemasyakatan pembangunan fisik dan spiritual,” kata Ardijon saat dihubungi Senin (22/6).

Ardijon mengatakan, perantau Lengayang di Jakarta dan sekitarnya sangat terpukul akibat pendemi Covid-19. Dampak Covid-19 dirasakan hampir merata pada elemen perantau Lengayang. Untuk itu, perantau Lengayang di Jakarta membutuhkan wadah koperasi dan badan usaha guna mendukung perantau Lengayang yang sebagian besar adalah pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Dari sisi kontribusi sosial IKWAL Jakarta, partisipasi pembangunan ke kampung halaman di Kecamatan Lengayang cukup dirasakan antara lain pengadaan 1 unit ambulance IKWAL, bantuan gempa Lombok dan Palu, kerusuhan Wamena. kegiatan pertandingan bulutangkis IKWAL JAKARTA CUP dan bantuan dampak Covid 19 bagi Dunsanak Ikwal Jakarta.

IKWAL Jakarta dan Sekitarnya menyadari sepenuhnya bahwa apa yang sudah dilaksanakan selama ini oleh pengurus periode 2018 – 2020 belum maksimal masih jauh dari apa yang diharapkan dan masih banyak sisi kelemahannya sehingga belum bisa melayani dan memenuhi ekspektasi keinginan harapan warga IKWAL yang berada di Jabodetabek maupun di kampung halaman.

Kemudian diharapkan realisasi program kerja IKWAL Jakarta dimasa kepengurusan mendatang lebih dimaksimalkan agar dapat memenuhi harapan warga IKWAL baik yang berada di Jabodetabek maupun yang berada di kampung halaman, maka perlu upaya dan sungguh untuk menyelesaikan beberapa kendala dan hambatan yang dihadapi oleh pengurus dengan mengambil langkah dan aksi nyata sehingga seluruh permasalahan bisa terselesaikan dengan baik.

IKWAL Jakarta juga telah melaksakan kegiatan sosial dan lainnya diantaranya membantu kegiatan takziah dan membezuk bagi warga Ikwal yang sakit. Memfasilitasi pengurusan kartu BPJS dan kartu Indonesia sehat bagi warga Ikwal yang membutuhkan dan embantu dalam bentuk tenaga, fikiran dan finansial bagi warga Ikwal yang sedang mengalami musibah. Serta Membantu menyelesaikan permasalahan warga Ikwal yang bermasalah dengan masyarakat di antaranya di Cikarang.

Untuk diketahui Ikwal Jakarta dan sekitarnya berdiri sudah sangat lama semenjak tahun 1962 didasari adanya niat dan keinginan bersama para perantau Lengayang untuk berhimpun dalam satu ikatan keluarga dengan tujuan diantaranya “alek baiak bahambuan alek buruak badatangan” agar hubungan silaturahmi selalu terjalin dan kampuang halaman tidak dilupakan “takana juo”. Secara organisasi Ikwal Jakarta hingga saat ini masih tetap eksis keberadaanya bagi Dunsanak Lengayang diharapkan peran dan kiprahnya semakin hari semakin dapat dirasakan manfaatnya.

“Ditengah pandemi Covid-19 Untuk pengurus periode 2018 – 2020 berbagai aktifitas telah dilaksanakan sesuai dengan bidangnya masing-masing, memang belum seluruhnya rencana kegiatan dapat direalisasikan dengan maksimal mengingat sumber daya, dana, waktu yang terbatas,” pungkasnya

Related posts

Ditertibkan Satpol PP, PKL di Tiga Ruas Jalan Padangpanjang akan Dipindahkan ke Tempat Layak

Riri Tri Utami

Resmi Jadi Plh Gubernur Sumbar, Segini Kekayaan Alwis!

Afrizal

Video : Wawancara dengan Narti Oks, Berikut Fakta yang Terjadi

Afrizal