Home » Atta Halilintar Ingin Punya 15 Anak, Komnas Perempuan : Potensi Langgar Hak Reproduksi
Entertainment

Atta Halilintar Ingin Punya 15 Anak, Komnas Perempuan : Potensi Langgar Hak Reproduksi

Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah di Jakarta, Sabtu (3/4/2021), memiliki cerita yang unik. Pasalnya ada keinginan dari Atta Halilintar yang membuat kita terpana.

YouTuber dengan 27 juta pengikut lebih ini ingin punya 15 anak. Jumlah yang fantastis ini memantik reaksi dari banyak pihak. Salah satunya, Komnas Perempuan.

Komisioner Komnas Perempuan, Imam Nahei, mengingatkan, terkait jumlah anak tidak bisa diputuskan secara individu. Keinginan suami memiliki anak lebih dari satu itu memang hak asasi dia. Namun perempuan juga punya hak asasi yang sama. Termasuk untuk memilih tak punya anak atau jumlah anak yang diinginkan.

Imam menilai, dalam konteks keluarga, hak asasi suami dan istri sebenarnya sejajar. Karenanya, harus didiskusikan istri ingin hamil atau tidak atau mau punya anak berapa. Ini mestinya atas dasar kesepakatan dan kerelaan kedua pihak.

Persetujuan yang Bebas

“Ketika perempuan atau istri setuju dengan persetujuan yang bebas, tanpa tekanan dari pihak manapun dan tanpa tekanan ideologi atau ajaran agama apapun, artinya dia melakukan secara bebas dengan tulus, dengan sadar, maka hak dia untuk memiliki anak berapapun,” kata Imam.

Imam juga mengatakan bahwa kebijakam memiliki dua anak memang tidak terikat. Ada masyarakat yang memiliki lebih dari dua anak dan itu tidak jadi masalah.

Hal ini terkesan sebagai keputusan satu pihak.

“Jadi persoalan yang lagi populer hari ini sebenarnya bukan berapa memiliki anak tetapi karena seakan-akan keputusan untuk memiliki anak yang banyak itu didasarkan atas keputusan salah satu pihak yaitu suami saja,” Imam mengulas.

Isu kesehatan reproduksi juga menjadi pertimbangan.

Rencana punya anak harus dilihat dalam banyak sisi termasuk aspek kesehatan perempuan. Mengingat, punya anak adalah tanggung jawab bersama. Bukan urusan istri semata.

“Kalau kita melihat isu-isu kesehatan reproduksi perempuan memang memiliki banyak anak seperti itu berpotensi mengganggu kesehatan reporoduksi perempuan,” Imam mengingatkan.

Ia juga mengatakan bahwa persoalan ini berpotensi melanggar.

“Jadi kalau melihat hak-hak reproduksi perempuan memang memiliki jumlah anak sebanyak itu berpotensi melanggar hak-hak reproduksi perempuan. Di situ persoalannya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Atta menyampaikan keinginan punya 15 anak dalam sesi konferensi pers usai akad nikah. “Ya saya berharap dan ingin punya anak 15 dari istriku, Aurel. Semoga Tuhan mengabulkan,” katanya.

Related posts

Dinyinyiri Netizen, Ria Ricis Buka Suara Tak Hadir di Pernikahan Atta dan Aurel

Riri Tri Utami

Masyarakat Dihebohkan Dengan Kemunculan Akun Instagram Gay Pessel

Riri Tri Utami

Usung Adat Minang, Cantiknya Aurel Hermansyah Jadi Anak Daro

Riri Tri Utami