Home » Sering Bermasalah Saat Daftar Kartu Prakerja? Ini Solusinya
Berita

Sering Bermasalah Saat Daftar Kartu Prakerja? Ini Solusinya

Pemerintah kembali membuka program Kartu Prakerja gelombang 12 pada Selasa, (23/02/2021). Pembukaan program Kartu Prakerja gelombang 12 tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Pendaftaran akan ditutup jika kuota terpenuhi.

Berbeda dengan sebelumnya, untuk gelombang 12 diberikan kuota sebanyak 600.000 peserta. Angka ini telah mengalami kenaikan dari sebelumnya yaitu hanya 400.000 peserta. Berkaitan dengan hal tersebut antusiasme masyarakat amat tinggi, mulai dari orang tua hingga anak muda dari minimal usia 18 tahun berbondong-bondong mendaftarkan diri.

Kendati demikian, banyak ditemukan berbagai keluhan terkait permasalahan saat proses pendaftaran. Mulai dari situs yang sedang bermasalah dan ketentuan serta langkah-langkah pendaftaran yang tidak sesuai.

Berikut kami rangkum beberapa jawaban serta solusi atas gangguan dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 :

1. Saya tidak menerima Kode Verifikasi atau OTP

Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah password dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja kamu. Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit.

Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.

2. Saya ingin mengubah nama akun

Nama pada akun Kartu Prakerja kamu akan otomatis terdaftar sesuai dengan nama yang ada di Kartu Tanda Penduduk dan tidak dapat diubah.

3. Saya ingin ubah password

Password merupakan hal penting saat kamu ingin login ke akun Kartu Prakerja. Apabila kamu merasa passwordmu mudah ditebak atau sudah tidak aman, kamu dapat melakukan perubahan password secara berkala.

Apabila kamu ingin mengubah password, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Login atau masuk ke akun Kartu Prakerja kamu

Pilih Profile, lalu klik Ubah Password/Password

Masukkan password lama, lalu masukkan password baru

Klik Ubah/Atur Ulang

Tolong diingat bahwa password merupakan hal rahasia. Oleh karena itu, jangan memberikan atau menyebarkan password akunmu kepada pihak lain.

4. Saya ingin mengubah nomor HP

Apabila kamu ingin mengubah nomor HP, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Login atau masuk ke akun Kartu Prakerja kamu

Pastikan kamu sudah memutuskan akun e-wallet jika sebelumnya sudah tersambung. Kamu bisa melihat langkah-langkah melakukan pemutusan e-wallet di artikel ini.

Di dashboard kamu, pilih Profile. Klik Ubah pada bagian Nomer Telfon

Masukkan nomor HP yang masih aktif, lalu pilih Lanjut. Pastikan nomor HP kamu benar.

Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS, lalu pilih Verifikasi

Kamu telah berhasil mengubah nomor HP kamu.

5. Saya tidak menemukan soal ujian dan langsung dievaluasi.

Jika kamu tidak mendapatkan soal ujian, maka kemungkinan kamu merupakan pendaftar yang gagal di gelombang sebelumnya dan sudah mengikuti tes di gelombang sebelumnya. Pendaftar hanya diberi kesempatan tes satu kali seumur hidup. Jika gagal, maka untuk seleksi digelombang berikutnya tidak perlu lagi ikut tes dari awal. Namun, jika kamu pendaftar perdana namun soal tetap tidak ada, cobalah log in berulang kali menggunakan laptop/pc

6. Bagaimana cara untuk tahu saya lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu.

7. Jika saya tidak lolos gelombang, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya.

Related posts

Himpunan Mahasiswa Tarusan Komisariat Universitas Negeri Padang Menggelar Aksi Sosial Berbagi Masker kepada Masyarakat

Afrizal

Puan Maharani Masuk Kepengurusan PKPS, Pengamat : Pasti Ada Plus-Minus, Asal Jangan Sampai Blunder

Afrizal

Gerakan Nagari Mencegah Coronavirus: Warga, Perantau dan Pesan Sutera Bagikan Masker kepada Masyarakat

Afrizal