Home » Silahkan Tuan datang ke Cimpu
Sastra

Silahkan Tuan datang ke Cimpu

cimpu surantih
Cimpu Surantih



Bandasapuluah.com – Ada beberapa versi cerita yang tuan dapatkan tentang penamaan kampung saya ini .Versi pertama Diceritakan dari para leluhur kampung ini dahulunya penuh dengan pohon durian nan tinggi menjulang namun sayang pohon durian yang kokoh berdiri di atas bumi ini tak pernah matang , entah karena kesuburan tanah atau karena apa, belum ada studi yang bisa tuan dapatkan apa penyebabnya secara pasti. Tetapi versi tetua yang lain dikisahkan bahwa kampung  ini banyak ditumbuhi oleh pohon yang bernama “Cimpu”. Secara pribadi saya belumlah melihat seperti apa pohon tersebut. Dari penjelasan ini silahkan tuan yang menilai versi Mana yang tuan percayai, itu adalah hak prerogatif dari tuan , tidak ada yang bisa mengintervensi tuan.

 Andaikan tuan belum pernah bertandang ke kampung yang berada di kenagarian surantih , kecamatan Sutera kabupaten pesisir Selatan ini, maka dengan senang hati saya akan menyampaikan sedikit pesona  dari tempat saya lahir dan tumbuh seperti sekarang. Kampung ini memiliki luas sekitar dua kilometer persegi, dengan Utara berbatasan dengan pasar surantih, barat dengan Samudera , timur dengan pasir nan panjang dan Selatan dengan pasar anjalai yang berada dalam kenagarian surantih. Di kampung ini pula tuan akan menemukan di kiri kanan jalan ada pohon kelapa, pinang , jambu, ataupun mangga yang tinggi menjulang menghiasi ruang mata tuan ketika menoleh ke samping jalan. Sesekali tuan juga akan dapat memandang hamparan sawah yang hijau ketika padi baru ditanam kedalam perut bumi atau hamparan sawah yang menguning   tanda akan musim panen  segera datang. Di musim kesawah itu pula tuan  dapat melihat layang-layang beterbangan menghiasi langit yang membiru. Tawa riang anak-anak akan tuan dapati di persawahan tersebut dan mungkin saja dapat mengingat kenangan indah  tuan dimasa lalu . Anggap saja tuan sedang menikmati perjalanan di kampung saya ini sambil melupakan kesibukan tuan tentang pekerjaan yang di kejar deadline.


Perlu juga tuan ketahui di kampung saya inilah SMA pertama dan terbesar di kecamatan sutera berdiri .SMA ini juga di dampingi oleh Shelter Tsunami yang merupakan Shelter satu2 nya di Kecamatan Yang memisahkan diri dari kecamatan Batang kapas ini. Sebagai saran untuk tuan yang ingin menikmati pemandangan keindahan kampung saya dan kampung tetangga disinilah tempat yang tepat untuk tuan berdiri dan yang terpenting untuk berdiri disini tuan tidak akan di kenai biaya apapun termasuk parkir. Apakah tuan tidak tertarik untuk berkunjung ke kampung  nan kecil ini?.

Keindahan kampung saya tidak berhenti sampai disitu , kemegahan “Gunuang Giriak” bisa tuan lihat dari kampung saya ini . Bukit yang sakti dan Batuah menurut para leluhur ini akan mengeluarkan sang mentari tepat dibelakang punggungnya , sebuah pemandangan yang mungkin  jarang tuan saksikan di kota besar. Sesekali di pagi hari bila beruntung tuan bisa mendengar kan deburan ombak yang menari nari di telinga tuan dengan irama yang membuai tuan larut dalam indahnya mimpi .

Bila tuan melakukan Perjalanan di kampung saya tidak akan ada yang akan menganggu tuan , saya jamin itu asalkan tuan tidak menggangu warga kampung saya ini.  Tapi tuan akan disuguhkan oleh kondisi jalan yang mulus di awal namun jalan yang penuh lubang di akhir. Walaupun begitu kondisi ban kendaraan tuan tidak akan bermasalah bila tuan masih berkendara dalam kecepatan dan keadaan yang wajar.

Bila tuan ingin bercengkrama dengan pemuda orang kampung saya silahkan saja tuan datang ke posko ronda yang di duduki   oleh “Ippc” yang merupakan singkatan dari ikatan pemuda pemudi Cimpu. Insyaallah mereka akan melayani tuan untuk ngobrol tentang kampung saya nan indah ini.

Bila tuan datang malam hari maka tuan akan dapat menyaksikan pertunjukan “Randai” yang merupakan kesenian Minangkabau yang mulai  tidak dilirik oleh pemuda generasi millenial  , tetapi di sini kami berupaya melestarikan kesenian yang diwariskan oleh nenek moyang kami ini. Insyaallah mereka tetap istiqamah . Selain randai tuan juga bisa mampir ke kedai di kampung saya baik sekedar duduk atau ngopi bersama masyarakat membahas permasalahan di nagari ataupun bermain domino atau koa untuk melepaskan candu tuan yang terbelenggu.  Tapi jangan sampai permainan tuan itu mengarah pada perjudian . Hanya sekedar saran pada tuan.

Mungkin itu yang dapat saya ceritakan tentang kampung saya, mudahan saja tuan berkenan untuk mengunjungi kampung saya ini.

“Penulis yang mencoba membuat tulisan dengan bahasa yang menari-nari”

Related posts

Polemik Hati

Afrizal

Sehimpun Puisi Sri Jumaini

Afrizal

Galeh Langau Hijau di Media Sosial

Afrizal