Home » Wilayah yang Rawan Bencana di Sumatera Barat
Berita

Wilayah yang Rawan Bencana di Sumatera Barat


Posisi Sumatera Barat yang terletak dekat dengan pertemuan lempeng Indo-Australia dan Euro Asia di Samudera Hindia sebelah barat Mentawai serta dilalui jalur patahan Semangka dari Solok Selatan sampai Pasaman sangat rentan terhadap bencanag gempa bumi dan tsunami. Selain itu wilayah Sumatera Barat mempunyai jenis tanah yang mudah longsor.

Baca juga : Mengenal Karakteristik Daerah di Sumatera Barat

Tabel dibawah ini  memperlihatkan wilayah daerah rawan bencana.

(Tabel Daerah rawan bencana)



Keterangan :

1. Menengah – Tinggi :

Daerah yang mempunyai potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah, banjir, dan longsor. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah, banjir dan longsor jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan, maka pergerakan tanah yang lama dapat aktif kembali.

2. Menengah :

Daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah, banjir, dan longsor. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah, banjir dan longsor jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

3. Tinggi :

Daerah yang mempunyai potensi Tinggi untuk terjadi Bencana Tsunami ,Gerakan Tanah, Banjir, dan longsor. Pada zona ini dapat terjadi bencana yang sangat tinggi akibat yang akan ditimbulkan jika terjadi bencana, terutama pada daerah kabupaten/ Kota yang berada di Pesisir Pantai yang berpotensi akan terjadinya
Tsunami.


Berdasarkan tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa semua Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat mempunyai wilayah yang berpotensi untuk mengalami bencana. Oleh sebab itu kegiatan pencegahan dan program penyiapan menghadapi bencana perlu mendapat perhatian oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

(Sumber : RPJMD Prov. Sumbar 2016-2021)

Related posts

Kunker ke BNPB, Audy Joinaldy Serahkan Proposal Rehab Rekon Guna Bangun Infrastruktur Yang Rusak Akibat Bencana

Riri Tri Utami

Kecamatan Linggo Sari Baganti

bandamaster

Kepala BNPB: Berikan Ruang Untuk Bisa Berkomunikasi Melalui Mudik Virtual

Riri Tri Utami