Home » Pertumbuhan Rata-rata lama sekolah di Pessel Hanya 0,01 pertahun
Berita

Pertumbuhan Rata-rata lama sekolah di Pessel Hanya 0,01 pertahun

Pemerintah Pesisir Selatan saat ini masih menghadapi tantangan berupa belum tuntasnya program Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun yang terindikasi dari rata- rata lama sekolah.
Pada tahun 2018 , Rata-rata lama sekolah di Pesisir Selatan hanya 8,14 tahun sedangkan target yang harus dicapai sebagaimana tertuang  didalam Perubahan RPJMD Pessel 2016-2021 adalah 8,43 tahun.
Rata-rata lama sekolah merupakan salah satu indikator untuk menghitung Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selain Angka Harapan Hidup, Harapan lama sekolah dan standar pengeluaran perkapita dengan 96 komoditas.
Untuk diketahui IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). Selain itu IPM juga indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.
Menurut hitungan, Rata-rata lama sekolah berbanding lurus dengan IPM, yang artinya semakin besar Rata-rata lama sekolah maka akan semakin besar pula IPM, begitu pula sebaliknya.
Dari tahun 2014 hingga tahun 2018, Rata-rata lama sekolah di Pesisir Selatan tumbuh melambat, Berdasarkan “Kabupaten Pesisir Selatan dalam Angka 2019” , Rata-rata lama sekolah ditahun 2014, sebesar 8,10 tahun dan ditahun 2018 adalah 8,14 tahun. Artinya setiap tahun pertambangan Rata-rata lama sekolah hanya 0,01 tahun.

Related posts

Cegah Penyebaran Covid-19 di Linggo Sari Baganti, Impplisba dan Lan Pessel turut Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Afrizal

Ibukota Kecamatan di Pesisir Selatan

Afrizal

Puluhan Napi dan Petugas Positif Covid-19 , Rutan Kelas IIB Batusangkar Lockdown Sementara

Afrizal