Home » Miris, Hanya 5,8% Jalan yang Berkondisi Baik di Lunang
Berita

Miris, Hanya 5,8% Jalan yang Berkondisi Baik di Lunang

(Ilustrasi/Net)
Bila melihat data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pesisir Selatan melalui ” Kabupaten Pesisir Selatan dalam Angka 2019″ maka kita dapat mengetahui bahwa pada 2018, sepanjang 191,90 km jalan dengan status “jalan kabupaten” di Kecamatan Lunang berkondisi rusak berat.
Kecamatan yang tidak memiliki pantai ini hanya memiliki jalan berstatus “jalan kabupaten”  berkondisi baik sepanjang 18,20 km dari  313 km jalan kabupaten yang ada di kecamatan tersebut.
Sumbangsih jalan yang berkondisi rusak berat di Kecamatan ini terhadap Jalan rusak berat di Pesisir Selatan adalah yang terbesar. Dari 884,16 km jalan yang rusak berat, kecamatan Lunang menyumbang sepanjang 191,90 km. Yang artinya 21,7 persen jalan yang berkondisi rusak berat di pesisir selatan ada di Kecamatan Lunang.
Bukan hanya jalan kabupaten dengan kondisi rusak berat sebagai penyumbang terbesar, jalan kabupaten dengan kondisi rusak, juga dari kecamatan Lunang . Diketahui Jalan rusak di Pessel, sepanjang 548,23 km dan di Kecamatan Lunang sendiri sepanjang 90,20 km. Bila dipersentasikan sebanyak 16,45 jalan rusak di Pessel adalah “Kepunyaan” masyarakat Lunang.
Selain itu jalan kabupaten yang berkondisi sedang juga  kecil hanya sepanjang 12,70 km.
Melihat data tersebut, bisa kita simpulkan bahwa sebesar 61,31 persen jalan kabupaten di Kecamatan Lunang berkondisi rusak berat. Sedangkan jalan kabupaten dengan kondisi baik hanya 5,8 persen.

Related posts

Sengketa Tanah 765 Hektar Selesai, Forum Nagari Tigo Sandiang Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan dan Dukungan Semua Pihak Selama Ini

Afrizal

Bila Bertemu Bupati, Narti : “Jangan Kasih Amplop Kosong Lagi”

Afrizal

Empat Permasalahan Pokok di Pesisir Selatan

Afrizal