Home » Hak Asasi Manusia Dalam Pandangan Islam
Opini

Hak Asasi Manusia Dalam Pandangan Islam


 
Secara kodrati manusia  merupakan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia  dianugerahi oleh Tuhan suatu hak dasar. Hak dasar itu  biasa kita sebut dengan hak asasi.


Hak asasi merupakan hak yang   tidak ada perbedaan antara sesama manusia .  Dengan hak asasi tersebut manusia dapat mengembangkan dirinya untuk bisa berperan bagi kesejahteraan hidup manusia lain. 


Hak asasi manusia yang merupakan suatu hak dasar yang telah melekat pada diri manusia itu sendiri ternyata memiliki dua prinsip yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang barat dan Islam.

Menurut pandangan barat hak asasi manusia bersifat antroposentris dimana segala sesuatu berpusat pada manusia. Dalam pengertian ini manusia sangat dipentingkan. Pemikiran barat menempatkan manusia pada posisi bahwa manusialah yang menjadi tolak ukur segala sesuatu .

Sebaliknya menurut pandangan Islam  hak asasi manusia bersifat teosentris dimana segala sesuatu berpusat kepada Tuhan. Di sudut pandang ini Tuhanlah yang sangat dipentingkan. Di dalam Islam melalui FirmanNya Allah yang menjadi tolak ukur segala sesuatu sedangkan manusia adalah ciptaan Allah untuk mengabdi kepadaNya. Di sinilah Letak perbedaan yang fundamental antara hak-hak asasi manusia menurut pola pemikiran barat dengan hak-hak asasi menurut pola ajaran Islam. 

Bagi orang Islam teosentris bermakna manusia.  Sebagai seorang manusia kita harus meyakini ajaran pokok Islam yang dirumuskan dalam dua kalimat syahadat yakni pengakuan tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusanNya . Barulah setelah itu manusia melakukan perbuatan-perbuatan yang baik menurut isi keyakinannya itu.

Dalam konsep Islam seseorang hanya mempunyai kewajiban atau tugas tugas kepada Allah karena ia harus mematuhi hukum Nya. Namun secara paradoksi dalam tugas-tugas inilah terletak semua hak dan kemerdekaan itu.

Menurut ajaran Islam manusia mengakui hak-hak dari manusia lain karena hal itu merupakan sebuah kewajiban yang dibebankan oleh hukum agama untuk mematuhi Allah .Oleh karena itu hak asasi manusia dalam Islam tidak semata-mata menekankan kepada hak asasi manusia saja akan tetapi hak itu dilandasi kewajiban hak asasi manusia untuk mengabdi kepada Allah sebagai penciptanya.

Related posts

Fenomena Islam Pasca kemerdekaan

bandamaster

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Tangguhkah Fiskal Kita dalam Menghadapi COVID-19 ?

Afrizal

Rusma Yul Anwar tidak Mengrusak Hutan Mangrove di Mandeh

Afrizal