Home » Mengenal MUET, TOEFL Ala Negara Malaysia
Berita

Mengenal MUET, TOEFL Ala Negara Malaysia

Bila di Indonesia kita mengenal Tes TOEFL yang digunakan untuk mentes kelancaran bahasa Inggris, maka lainnya dengan Malaysia. Di Malaysia kita akan mengenal yang namanya MUET.

Baca juga: Mengenal Apa Itu TOEFL


MUET adalah kependekan dari Malaysian University English Tes, merupakan tes kelancaran kemampuan bahasa Inggris yang dilakukan oleh beberapa universitas yang ada di Malaysia. Tes ini hampis mirip dengan TOEFL ataupun IELTS yang juga terdiri atas empat bagian uji yang meliputi Writing, Reading, Speaking and Listening.

Jadwal pelaksanaan MUET ini biasanya dibuka dalam tiga gelombang, yaitu sekitar bulan Maret, Juli, dan November.

Baca juga: Alasan Kenapa Malaysia Menjadi Tempat Destinasi Studi Lanjutmu


Adapun skor maksimal MUET adalah 300 dengan rentang band 1, sangat terbatas, hingga band 6, sangat baik. Beberapa jurusan seperti Kedokteran dan Hukum biasanya mensyaratkan nilai MUET dengan tingkat kelancaran Bahasa Inggris pada band 5 atau 6 dengan kategori ‘baik’ atau ‘sangat baik’.

MUET ini perlu diambil oleh pelajar yang akan mengambil program matrikulasi serta para diploma dan pre-university yang akan memprogram perkuliahan gelar di Malaysia. Perkuliahan Mereka yang akan mengikuti ujian MUET ini dapat melakukan pendaftaran melalui laman Malaysian Examinations Council .

Related posts

Alumni MTsN Punggasan 2011 Melakukan Penggalangan Dana Peduli Covid-19

bandamaster

Himpunan Mahasiswa Tarusan Komisariat Universitas Negeri Padang Menggelar Aksi Sosial Berbagi Masker kepada Masyarakat

Afrizal

Pembacaan Putusan Ditunda, Ini Pokok-Pokok Fakta Hukum Kasus Pengrusakan Mangrove Kawasan Mandeh yang Harus Kamu Ketahui

Afrizal