Home » Selamat! Kemiskinan di Pessel Peringkat Tiga Tertinggi di Sumbar
Berita

Selamat! Kemiskinan di Pessel Peringkat Tiga Tertinggi di Sumbar

Selamat! Kemiskinan di Pessel Peringkat Tiga Tertinggi di Sumbar

Ucapan selamat layak diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan . Pasalnya, Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2019 berhasil menempati peringkat ketiga sebagai daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Sumatra Barat
Capaian ini bila dibandingkan tahun 2018, mengalami kenaikan satu peringkat. Dimana tahun sebelumnya, Pesisir Selatan berada di posisi ke-empat. Sedangkan sekarang meraih juara 3 sebagai Daerah berpenduduk miskin di Sumatra Barat.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Posisi Pesisir Selatan saat ini, hanya kalah dari  Kabupaten Kepulauan Mentawai di posisi pertama dengan 14,43 persen dan Kabupaten Solok di posisi kedua dengan 7,98 persen .

Pesisir Selatan di tahun 2019 ini, mampu menggeser Kabupaten Padang Pariaman yang sebelumnya berada di Peringkat tiga. Saat ini, Peringkat ke-empat dihuni oleh Kabupaten Solok Selatan. Sedangkan Kabupaten Padang Pariaman harus terlempar jauh ke peringkat tujuh.

Angka kemiskinan di Pessel juga jauh dari rata-rata angka kemiskinan provinsi. Bila Rata-rata Angka Kemiskinan Provinsi hanya 6,42 persen, maka angka kemiskinan di Pesisir Selatan adalah 7,88 persen. .Bukan hanya itu, Angka Kemiskinan di Pessel tahun 2019 juga naik dari tahun sebelumnya. Dari 7,59 persen menjadi 7,88 persen. Dengan begitu ada 36,51 ribu penduduk miskin di Pessel atau bertambah sebanyak 1,59 ribu orang.

Ditengah tren Angka Kemiskinan di Sumbar menurun, hanya Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok Selatan yang mengalami kenaikan. Sebagai catatan, Kabupaten Pesisir Selatan lah yang mengalami kenaikan tertinggi. Unggul 0,03 persen dari Kabupaten Solok Selatan, dimana Pessel mengalami kenaikan 0,29 persen sedangkan Solsel hanya 0,26 persen.

Namun sayangnya, Kenaikan Angka Kemiskinan di Pessel tersebut, kalah dengan angka penurunan kemiskinan di Sumbar. Bila di Pessel mengalami kenaikan 0,29 persen, maka angka penurunan angka kemiskinan di Sumbar adalah sebesar 0,45 persen.

Akan tetapi, Angka tersebut sudah diatas target RPJMD Pessel 2016-2021 yang mematok kemiskinan pada 2019 hanya di angka 6,8 persen, dan capaian adalah 7,88 persen, berlebih sekitar 1,08 persen. Sama seperti tahun sebelumnya, kemiskinan dipatok pada angka 7,18 persen dan raihannya adalah 7,59 persen, lewat 0,41 persen.

Related posts

Selundupkan 89 Kg Sabu, 1 Orang Tewas di Sulsel

Afrizal

KATUPEK, Inovasi Disdukcapil Pariaman Layani Masyarakat Berkebutuhan Khusus

Riri Tri Utami

Masjid Lailatul Qadar di Puncak Gunung Singgalang Diresmikan Gubernur

Afrizal