Home » Potensi yang Bisa Dikembangkan Bila Terpilih Menjadi Wali Nagari Surantih
Sutera

Potensi yang Bisa Dikembangkan Bila Terpilih Menjadi Wali Nagari Surantih

Potensi yang Bisa Dikembangkan Bila Terpilih Menjadi Wali Nagari Surantih




Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Surantih akan di selenggarakan pada 20 April mendatang. Sejumlah nama telah menjadi sebutan untuk menduduki posisi nomor satu tersebut.

Namun sebelum berbicara jauh, setiap calon harus mengetahui tentang daerahnya. Supaya bisa memaksimalkan potensi yang ada. Kali ini kami akan menampilkan sejumlah informasi yang mungkin berguna bagi para calon wali nagari maupun masyarakat banyak.

Baca juga: Ini yang Akan Anda Temukan bila Tersesat di “Gunuang Giriak”


1. Luas Daerah

Nagari Surantih merupakan satu dari dua belas Nagari yang ada di Kecamatan Sutera. Nagari Surantih memiliki luas sekitar 26,78 km² atau 6,01 persen dari luas Kecamatan Sutera.

Dari Kantor Wali Nagari Surantih ke Kantor Camat Sutera berjarak kurang lebih 1,8 km, sedangkan bila hendak ke Painan jarak yang ditempuh sekitar 37 km.

Baca juga: Kenal “Tinju Langgai”?, Ini Mantera Untuk Menguasainya!


2. Wilayah Administratif

Secara administratif, Nagari Surantih memilih dua Kampung yakni; Kampung Pasar Surantih dan Kampung Sungai Sirah.

Hingga 2018 banyak aparat nagari di Surantih adalah sebanyak 14 orang. Sedangkan Jumlah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari
(LPMN) Surantih hanya ada satu.

Baca juga: Masih Adakah Pengantin Subuh di Surantih?


3. Kependudukan

Dengan luas sebesar 26,78 km², Nagari Surantih hingga 2018 ditempati 1.842 Rumah Tangga dengan banyak penduduk 8.024 jiwa. Dengan 4.035 orang laki-laki dan 3.989 orang perempuan.

 Nagari Surantih merupakan nagari kepadatan tertinggi di Kecamatan Sutera. Kepadatan penduduk di daerah ini adallah 299,63 jiwa/km².

Baca juga: Kalah Menyabung Ayam, Bujang Jibun Menang Menyabung Nyawa


4. Kesehatan

Di Kecamatan Sutera hanya ada satu Puskesmas, dan itu terletak di Nagari Surantih. Selain itu di Nagari Surantih juga terdapat dua pos kesehatan nagari dan 9 posyandu.

Selain itu, di Nagari Surantih juga terdapat satu dokter, 14 perawat dan 15 orang bidan.

5. Tempat Ibadah

Baca juga: Kenapa Pernikahan di Surantih dilangsungkan Tengah Malam?


Mayoritas Masyarakat Surantih adalah beragama Islam, oleh karena itu tempat ibadah di Surantih hanyalah Masjid dan Musholla (Surau). Setidaknya terdapat 5 masjid didaerah ini dan 9 musholla.

6. Industri

Surantih menempati peringkat ketiga soal banyaknya usaha industri kecil di Kecamatan Sutera. Terhitung ada 61 usaha industri kecil di Surantih. Semoga saja Pemimpin yang akan datang mampu meningkatkan potensi Industri di daerah ini.

7. Pariwisata

Diketahui Nagari Surantih tidak memiliki Objek Wisata baik itu Wisata Alam, bahari, sejarah maupun karya wisata. Ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh Wali Nagari terpilih nantinya untuk mengembangkan sektor Pariwisata di Surantih.

Baca juga: Jajanan dan Makanan kecil yang Ada di Surantih


Sumber: PSDA 2019

Related posts

Gerakan Nagari Mencegah Coronavirus: Warga, Perantau dan Pesan Sutera Bagikan Masker kepada Masyarakat

Afrizal

Keunikan yang ada di Surantih

bandamaster

Ini yang Akan Anda Temukan bila Tersesat di “Gunuang Giriak”

Afrizal