Home » Merosotnya Kunjungan Wisatawan Nusantara, Ini Tanggapan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel
Berita

Merosotnya Kunjungan Wisatawan Nusantara, Ini Tanggapan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel

“Merosotnya Kunjungan Wisatawan Nusantara, Ini Tanggapan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel”

( Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo)


Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, jumlah wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Pesisir Selatan pada 2019 adalah 1.066.128 orang.Raihan ini jauh berkurang dari tahun sebelumnya. Di tahun 2018 Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Pessel sebanyak 1.531.807 orang.

Angka ini juga jauh dari yang dipatok dalam Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pesisir Selatan (Pessel) 2016-2021. Dalam RPJMD Pessel 2016-2021, Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Pessel di tahun 2019 ditargetkan sebanyak 2.800.000 orang.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Pesisir Selatan Jauh Dari Target yang Dipatok


Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Hadi Susilo, mengatakan dirinya telah mengetahui terkait data tersebut dan dalam tahap validasi.

” Data BPS itu telah dipublish kepada kami, dan data itu sedang kita validasi dengan BPS” ungkap Hadi kepada bandasapuluah.com, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Dua tahun terakhir, Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Pessel Turun Tajam


Ia mengungkapkan, hal itu ditujukan untuk konfirmasi ulang, mengingat pihaknya belum tau darimana BPS mendapatkan data tersebut.

“Data BPS, sedang kita konfirmasi ulang. Karena kami belum tau sumber BPS darimana, entah dari kita atau darimana, makanya kita konfirmasi,” ujar Hadi.

Baca juga: Kapo Kapo: Keindahan dan Lokalitas yang Masih Terjaga


Ia menjelaskan tujuan validasi ini adalah untuk menyamakan persepsi data yang dipublish BPS dengan target dalam RPJMD. Apakah data BPS itu jumlah pengunjung atau wisatawan .Karena menurutnya, Pengunjung dan wisatawan punya pengertian yang berbeda.

Terkhusus Wisatawan Nusantara memiliki artian yaitu orang yang berkunjung ke Pessel selama 24 jam dan berjarak 100 km dari destinasi.

Naik 6 Peringkat, Pessel Tempati Peringkat 4 dengan Tingkat Buta Huruf tertinggi se-Sumbar


” Kita sedang mengelompokkan mana yang pengunjung mana yang wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena untuk wisatawan itu memiliki pengertian tersendiri. Salah satu indikatornya adalah berada di Pessel selama 24 jam kemudian dari destinasi berjarak 100 km,” ungkap Hadi.

Hasil validasi ini akan selesai di bulan Maret dan akan dijelaskan kepada publik di bulan Maret ini.
“Bulan Maret, data siap divalidasi,” tutup Hadi.

Related posts

LBH Sumbar Minta Bupati dan DPRD Pesisir Selatan Alihkan Dana Pembangunan Masjid Terapung Carocok untuk Penanggulangan Covid-19

Afrizal

Haedar Nashir Ingatkan Kader Muhammadiyah Jangan Anti Sistem di Pemerintahan

Afrizal

Kunjungi Sumbar Selama 3 Hari, Ini Agenda Lengkap Menteri KKP

Riri Tri Utami