Home » Penambahan Jalan Kabupaten Berkondisi Baik di Pessel Hanya 8,46 Km
Berita

Penambahan Jalan Kabupaten Berkondisi Baik di Pessel Hanya 8,46 Km

Salah satu jalan berkondisi baik di Pesisir Selatan. Terlihat jalan yang berlubang ditanami bunga. Foto: Harmidi

 Painan, bandasapuluah.com– Penambahan panjang jalan kabupaten berkondisi baik di Pesisir Selatan (Pessel) yang terbentang dari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Kecamatan Silaut hanya 8,46 km.

Pesisir Selatan dalam Angka 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat panjang jalan berkondisi baik di Pessel pada tahun 2019 adalah 658,64 km. Dimana penambahannya hanya 8,48 km dari 650,18 km di tahun sebelumnya.

Baca juga: Jalan Kabupaten Berkondisi Baik di Pessel Hanya 28,23 Persen

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sendiri menargetkan penambahan panjang jalan berkondisi baik tiap tahun adalah 23,33 km atau satu persen tiap tahun. Sementara dengan penambahan sepanjang 8,46 km itu, maka didapatkan penambahan jalan berkondisi baik hanya 0,36 persen dari tahun 2018.

Sementara itu, target Pemkab Pessel di tahun 2020 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terkait persentase jalan kabupaten berkondisi baik adalah 29,9 persen atau 697,62 km.

Baca juga: Persentase Jalan Kabupaten Berkondisi Baik di Pessel Tidak Mencapai Target.

Penambahan jalan kabupaten berkondisi baik pada tahun 2020 ini yang sepanjang 38,98 km tersebut, terlihat sulit untuk dicapai. Selain penambahan jalan kabupaten berkondisi baik yang tergolong rendah yakni sepanjang 8,46 km , terlebih saat ini sedang pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak anggaran dialihkan untuk penanggulangan Covid-19.

Akan tetapi untuk diketahui, persentase jalan kabupaten berkondisi baik adalah salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU sendiri merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan rencana pembangunan jangka menengah daerah dalam pencapaian visi dan misi kepala daerah yang telah ditentukan selama lima tahun ke depan.

Related posts

Saidal Masfiyuddin: Ditengah PSBB, Semua KK Bisa Dapat BLT, Kenapa tidak Diterapkan?

Afrizal

Kecamatan Lengayang

bandamaster

Baliho Sejumlah Bakal Calon Kepala Daerah di Pessel ” Tumbang”

Afrizal