Home » Hingga Minggu Malam Data Masuk Sirekap KPU 84,18 persen, HJ-HD tertinggal 35.825 suara dari RA-RUDI
Berita

Hingga Minggu Malam Data Masuk Sirekap KPU 84,18 persen, HJ-HD tertinggal 35.825 suara dari RA-RUDI

Pasangan Calon Bupati dan wakil bupati Pessel nomor urut 1, Hendrajoni-Hamdanus . Foto: Facebook.

 Painan, BANDASAPULUAH – Hingga Minggu Malam (13/12/2020) pukul 20.00 WIB, KPU Pesisir Selatan telah merampungkan penghitungan suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) di 926 TPS dari total 1.100 TPS atau sebanyak 84,18 persen. Dimana perhitungan KPU masih terus berjalan.

Hasilnya, pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah unggul dari dua pesaingnya. Bahkan, paslon dengan tagline “Rakyat Bergerak Pessel Rancak” tersebut unggul dengan selisih 35.825 suara dari pesaing terdekatnya, Hendrajoni-Hamdanus.

Baca juga: 4 Kecamatan di Pesisir Selatan Rampungkan Perhitungan SIREKAP, Ini Hasilnya!

Dilihat di website pilkada2020.kpu.go.id, Pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah memperoleh suara sebanyak 106.699 suara dengan persentase 57,2 persen sedangkan pasangan Hendrajoni-Hamdanus memperoleh suara sebanyak 70.874 suara dengan persentase 38 persen dan pasangan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraup suara sebanyak 8.934 suara atau 4,8 persen.

Dimana hingga saat ini, baru 4 kecamatan yang telah merampungkan penghitungan suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap).

Keempat kecamatan tersebut adalah; Kecamatan Batang Kapas, Sutera, Airpura dan Basa Ampek Balai Tapan.

Baca juga: Mengapa Hendrajoni-Hamdanus Kalah?

Di Kecamatan Batang Kapas, pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah meraih suara sebanyak 10.517 dengan persentase 67,8 persen. Sementara itu pasangan Hendrajoni-Hamdanus meraup suara sebanyak 4.752 suara dengan persentase 30,7 persen dan pasangan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraup suara sebanyak 235 suara dengan persentase 1,5 persen.

Di Kecamatan Sutera, pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah meraih suara sebanyak 16.726 suara dengan persentase 66,0 persen. Sementara itu pasangan Hendrajoni-Hamdanus meraup suara sebanyak 8.357 suara dengan persentase 33 persen dan pasangan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraup suara sebanyak 268 suara dengan persentase 1,1 persen.

Kecamatan Airpura sendiri, dimenangkan oleh Paslon nomor urut 2. Dimana pasangan yang mengusung tagline “Rakyat Bergerak untuk Pessel Rancak” itu memperoleh suara sebesar 63.0 persen atau 4.535 suara dan Pasangan nomor urut 1 memperoleh suara sebanyak 2.425 suara atau 33,7 persen. Sedangkan Paslon nomor urut 3, hanya memperoleh suara sebesar 3,3 persen atau 235 suara.

Sedangkan di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah unggul dengan persentase 49,7 persen atau memperoleh suara sebanyak 3.553 suara dan Pasangan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraup suara sebanyak 2.245 suara dengan persentase 31,4 persen sedangkan Pasangan Hendrajoni-Hamdanus hanya memperoleh suara sebanyak 1.351 atau 18,9 persen.

KPU menyatakan data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

KPU mengatakan apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan

“Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka,” demikian tulis KPU.

Related posts

Hari Ini ,Tiga Kecamatan di Pessel Berpotensi Turun Hujan Lebat disertai Petir

Afrizal

3.200 THL Bakal Dirumahkan, PMM Sebut Kebijakan Bupati Pasbar Brutal dan Berhasil Sengsarakan Rakyat

Riri Tri Utami

IKAMP Bagikan Masker kepada Masyarakat

Afrizal