Home » KPU Pessel Gelar Rapat Pleno Hasil Pilkada 2020
Berita

KPU Pessel Gelar Rapat Pleno Hasil Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) gelar Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil pemilihan kepala daerah 2020 di Painan Convention Center (PCC), Rabu (16/12/2020)



PAINAN, BANDASAPULUAH.COM – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Sumatera Barat digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pessel. Rapat pleno digelar di Painan Convention Center (KPU), Rabu (16/12/2020).

Ketua KPU Kabupaten Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, rapat pleno dijadwalkan berjalan selama 2 hari, mulai Rabu (16/12/2020) hingga Kamis, 17 Desember 2020. Dimana rekapitulasi hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur dilaksanakan terlebih dahulu. Selanjutnya baru dilaksanakan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan.

“Rekapitulasi dimulai dari pleno pembacaan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) selanjutnya baru rekap bupati dan wakil bupati,” jelas Epaldi.

Disebutkan Epaldi, hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta hasil pemilihan bupati dan wakil bupati yang diakui adalah hasil dari rekapitulasi berjenjang yang dilaksanakan oleh KPU.

Guna pengamanan proses rapat pleno tersebut, sebanyak 50 personil dari kepolisian dan 30 personil dari TNI diturunkan

Turut hadir dalam rapat pleno ini saksi dari masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, saksi pasangan calon bupati dan wakil bupati, Bawaslu Pessel dan awak media.

Untuk diketahui, berdasarkan Si Rekap website KPU Kabupaten Pessel untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pasangan Nasrul Abit-Indra Catri unggul dari 3 paslon lainnya.

Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri unggul 71,5 persen dengan perolehan 160.898 suara, pasangan Mulyadi-Ali Mukhni meraup 14,9 persen suara, pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy memperoleh 9,6 persen suara dan pasangan Fakhrizal-Genius Umar meraih 4 persen suara.

Berdasarkan pembaruan di situs Pilkada2020.kpu.go.id, per Rabu (16/12/2020) pukul 10.30 WIB, data yang masuk sudah 100 persen dari 1.100 TPS di Pesisir Selatan. Hasilnya, Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri unggul di semua kecamatan yang ada di daerah tersebut.

Sementara itu, untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan, pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah unggul 57,2 persen dengan perolehan 128.802 suara. pasangan Hendrajoni-Hamdanus 38,2 persen dengan perolehan 86.608 suara. Sedangkan pasangan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab 4,5 persen dengan perolehan 10.216 suara.

RA-RUDI unggul di 14 Kecamatan yakni Koto XI Tarusan, Bayang, IV Nagari Bayang Utara, IV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Airpura, Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek Hulu Tapan, Lunang, dan Silaut. Sementara HJ-HD unggul di 1 Kecamatan yakni Lengayang.

Terkait Sirekap, KPU menyatakan data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Dikatakan oleh KPU, apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan

“Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka,” demikian tulis KPU.

Related posts

Data Penerima Bansos Diumumkan, Ini Penjelasan Pihak Nagari Surantih terkait Penyalurannya!

Afrizal

Ikuti Takziah Virtual, Eka Putra Kenang Almarhum Masriadi Martunus yang Tinggalkan Best Practice Pemerintahan

Afrizal

Mari kenali Kisi-kisi, Cara Penilaian dan Ambang Batas dalam Tes SKD CPNS

Afrizal