Home » KPU Pessel Selesai Gelar Rapat Pleno, NA-IC Unggul dengan 160.898 Suara
Berita

KPU Pessel Selesai Gelar Rapat Pleno, NA-IC Unggul dengan 160.898 Suara


Painan, BANDASAPULUAH.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan selesai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil suara Pemilihan gubernur – wakil gubernur (Pilgub) Sumbar tahun 2020, Rabu (16/12/2020)

Rapat Pleno terbuka dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu dan saksi dari ke empat pasangan calon (paslon) gubernur – wakil gubernur. Rapat dipimpin Ketua KPU Kabupaten Pesisir Selatan Epaldi Bahar didampingi komisioner Medo Patria, Lili Suarni, Yon Baiki, dan Febriani.

Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar mengatakan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang diakui adalah hasil dari rekapitulasi berjenjang yang dilaksanakan oleh KPU.

“Proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara yang dilakukan secara berjenjang berjalan dengan baik dan lancar,” kata Epaldi

Proses rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten, sebut Epaldi, dilakukan dengan pemaparan rincian perolehan suara masing – masing paslon oleh PPK.

Epaldi mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Pesisir Selatan 2020 meningkat dibandingkan 2015.

Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Pesisir Selatan 2020 sebesar 68,28 persen sedangkan 2015 sebesar 64,56 persen.

“Perolehan di 2020 meningkat dibanding 2015, ini bagi kami pencapaian luar biasa dan masyarakat memberikan kepercayaan KPU Pesisir Selatan menyelenggarakan pemilihan dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Ia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak yang selama ini membantu KPU Pesisir Selatan menyukseskan Pilkada 2020 yang berjalan tertib, lancar dan aman.

“KPU Pesisir Selatan mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Daerah, DPRD, Polri& TNI , Bawaslu, pasangan calon dan tim kampanye, PPK, PPS, KPPS, media massa dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mewujudkan terselenggaranya pilkada secara tertib, lancar, dan aman,” tegasnya.

Sesuai dengan rekapitulasi dan penghitungan hasil perolehan suara KPU Pessel, masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat menunjukan pasangan Nasrul Abit-Indra Catri unggul dari 3 pasangan lainnya. Nasrul Abit-Indra Catri meriah 160.898 suara

Paslon gubernur – wakil gubernur dengan perolehan suara terbanyak kedua di Pessel adalah paslon nomor urut 1 Mulyadi – Ali Mukhni meraih 33.483 suara.

Berikutnya, paslon nomor urut 4 Mahyeldi-Audy meraih 21. 671 suara. Sedangkan paslon nomor urut 3 Fakhrizal – Genius Umar meraih 8.904 suara.

Disebutkan, hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara paslon, maka proses berikutnya adalah menyampaikan rekapitulasi tersebut ke KPU Provinsi Sumatera Barat.

Selain menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgub, KPU jugatelah melakukan rapat pleno hasil penghitungan suara pilbup.

Hasilnya pasangan calon nomor urut 2 yakni Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah unggul dari dua pasangan lainnya.

Epaldi menyampaikan hasil dari perhitungan suara tingkat kabupaten, lanjutnya pasangan calon nomor urut 01 yakni Hendrajoni-Hamdanus memperoleh 86.074 suara atau 38,22 persen.

Pasangan calon nomor urut 02 Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah memperoleh 128.922 suara atau 57,24 persen.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 03 yakni Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab memperoleh 10.220 suara atau 4,54 persen.

Hasil rekapitulasi tersebut ditetapkan dengan Keputusan KPU Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 368/PL.02.1-Kpt/1301/KPU-Kab/XII/2020.

“Penetapan hasil penghitungan suara sudah kita tetapkan kemarin tanggal 16 Desember. Nanti kalau tidak ada gugatan, kami akan mendapat surat dari Mahkamah Konstitusi dan kewajiban kami tiga hari pasca-surat itu adalah menetapkan calon terpilih,” tegasnya.

Related posts

Apa Sih Wewenang,Tugas, dan Fungsi dari Bamus/BMN Nagari?

Afrizal

Aliansi Pemuda Inderapura Galang Dana untuk Bantu Warga Palestina

Riri Tri Utami

Terjadi Perdebatan Soal IPM di Debat Publik Putaran II, Lantas Apa Itu IPM?

Afrizal